PROBLEM 6 : KEPRIBADIAN GANDA

Kepribadian Ganda

Curhater….

AHHHHH TIDAKKKKKKKKKK!!!!!!!!!

Tempo hari ada salah seorang temen gw yang sms ke gw memberitahukan bahwa dia mencurigai salah satu temannya memiliki kepribadian ganda.Dimana teman dia itu adalah teman gw juga.Betul-betul bikin gw tercengang.Sama sekali tak menyangka! Tapi untuk memastikan kecurigan teman gw itu, gw search di google mengenai kepribadian ganda.

Kepribadian ganda terbentuk dari rasa traumatik masa kecil yang biasanya terjadi antara umur 4-6 tahun. Penderita menghibur diri sendiri dari sesuatu yang menyakiti dengan menciptakan kepribadian lain buat menampung semua perasaannya. Dengan kata lain si anak berusaha melindungi dirinya dari hal yang tidak menyenangkan yang pernah dialami.
Agar lebih jelas contohnya seperti ini : ada kepribadian yang tau soal peristiwa traumatik itu, dan ada kepribadian yang sama sekali tidak tahu. Akhirnya mereka terbiasa saling melindungin diri dari masalah dengan bergonta-ganti kepribadiannya hingga mereka tumbuh dewasa. Tiap ada masalah baru, berarti ada kepribadian baru juga. Jadi jangan kaget ada penderita yang bisa punya sepuluh (ato lebih) kepribadian yang berbeda-beda!

(Tulisan ini diadaptasi dari >>KLIK<<

Ehmmmmmgw masih belum puas sama penjelasannya dan gw search kembali di google dan terimakasih banyak pada Ka Regina karena dia menyarankan agar gw mencari tahu dari >>SINI<<.

Pemecahan kepribadian atau sering juga disebut kepribadian ganda, atau juga lebih terkenal dengan nama alter ego. Merupakan suatu keadaan di mana kepribadian individu terpecah sehingga muncul kepribadian yang lain. Kepribadian itu biasanya merupakan ekspresi dari kepribadian utama yang muncul karena pribadi utama tidak dapat mewujudkan hal yang ingin dilakukannya. Dalam bahasa yang lebih sederhana dapat dikatakan bahwa ada satu orang yang memiliki pribadi lebih dari satu atau memiliki dua pribadi sekaligus. Kadang si penderita tidak tau bahwa ia memiliki kepribadian ganda, dua pribadi yang ada dalam satu tubuh ini juga tidak saling mengenal dan lebih parah lagi kadang-kadang dua pribadi ini saling bertolak belakang sifatnya.

Kronologi kasus pemecahan kepribadian di Eropa

  • (1646) Paracelsus melaporkan kasus tentang wanita yang menuduh seseorang telah mencuri uangnya. Pencurinya kemungkinan memiliki kepribadian ganda, yang melakukan tindakannya tanpa sepengetahuan pribadi utama.
  • (1791) Eberhard Gmelin mendeskripsikan kasus tentang pergantian identitas diri seorang wanita Jerman berusia 21 tahun, yang mengaku seorang bangsawan Perancis dan mampu berbicara bahasa Perancis. Gmelin percaya bahwa kasus seperti itu dapat membantu memahami seluk beluk kepribadian manusia.
  • (1816) Kasus Mary Reynolds, kepribadian ganda, diterbitkan dalam bentuk artikel di majalah Medical Repository.
  • (1838) Charles Despine menemukan sebuah kasus kepribadian ganda dalam diri Estelle, seorang gadis berusia 11 tahun.
  • (1876) Eugène Azam menemukan kasus kepribadian ganda dalam tubuh seorang wanita muda Perancis, yang biasa dipanggil Felida X.
  • (1899) Buku karangan Théodore Flournoy yang berjudul Des Indes à la Planète Mars: Etude sur un cas de somnambulisme avec glossolalie (Dari India ke Planet Mars: Kasus kepribadian ganda dengan bahasa imajiner) diterbitkan.
  • (1906) Buku Morton Prince, The Dissociation of a Personality, mengungkapkan kisahnya merawat pasien berkepribadian ganda bernama Clara Norton Fowler alias Christine Beauchamp.
  • (1915) Walter Franklin Prince menerbitkan studi kasus seorang pasien yang bernama Doris Fischer dengan judul The Doris Case of Multiple Personality. Studi kasus ini kemudian diikuti oleh beberapa percobaan mengenai diri Fischer sendiri dan dirinya yang lain.
  • (1943) Stengel mengatakan bahwa seseorang yang berkepribadian ganda mengalami “kelainan”.
  • (1954) Buku Shirley Jackson, The Bird’s Nest, sebuah cerita fiksi tentang pemecahan kepribadian, diterbitkan.
  • (1954) Buku Thigpen & Cleckley, The Three Faces of Eve, didasarkan pada hasil terapi Chris Costner-Sizemore, diterbitkan. Buku ini berhasil menarik minat orang Amerika mengkaji masalah pemecahan kepribadian.
  • (1957) Film The Three Faces of Eve yang dibintangi oleh Joanne Woodward, diluncurkan.
  • (1973) Buku laris karya Flora R. Schreiber, Sybil, membukukan kisah pengobatan dan terapi yang dilakukan oleh Shirley Ardell Mason. Namanya disamarkan menjadi Sybil Dorsett dalam buku ini.
  • (1976) Versi layar kaca Sybil diproduksi, dibintangi oleh Sally Field.
  • (1977) Chris Costner-Sizemore menerbitkan otobiografinya yang berjudul I’m Eve.
  • (1980) Tahun terbit buku Michelle Remembers.
  • (1981) Buku Daniel Keyes, The Minds of Billy Milligan, diterbitkan. Buku ini didasarkan dari hasil wawancara antara Billy Milligan dan terapisnya.
  • (1986) Tahun terbit buku When Rabbit Howls.
  • (1995) Astraea, situs yang pertama kali membahas masalah pemecahan kepribadian di dunia maya, diluncurkan bulan September.
  • (1999) Buku Cameron West, First Person Plural: My Life as a Multiple, diterbitkan.
  • (2005) Otobiografi Robert Oxnam, A Fractured Mind, diterbitkan.

Karena belum puas juga akhirnya gw search di >>YAHOO ANSWER<<

Kepribadian Ganda?

1. Apa sich Kepribadian ganda?
2. Gimana cara biar tau kalo kita punya kepribadian ganda atau tidak?
3. Kenapa bisa terjadi kepribadian ganda?
4. Apakah orang yang memiliki kepribadian ganda bisa di golongkan orang gila

Jawaban Terbaik – Dipilih oleh Penanya

Kaperibadian ganda adalah kepribadian seseorang yang tidak menetap pada satu sisi pribadi saja. Orang seperti ini kadang menjadi bunglon sesuai situasi atau orang yang moody alias moot-mootan.
Orang yang seperti ini bukan berarti orang yang gila. Orang gila sudah tidak waras, tetapi orang yang berkrpibadian ganda masih waras.
Setelah gw mencari tahu dari berbagai sumber dan gw melakukan penganalisisan berdasarkan data dan fakta,menurut gw prasangka teman gw itu salah karena temannya yang teman gw juga itu masih bersikap wajar dan tidak memiliki ciri-ciri kepribadian ganda.Sebab gw juga sangat mengenal baik teman gw itu.Dan untuk teman gw yang melaporkan prasangkanya,TERIMAKSIH! Karena itu menunjukan bahwa dirimu sangat peduli pada situasi ataupun keadaan lingkunganmu.

Untuk para Curhater & Reader dimohon untuk dapat berpartisipasi mengenai masalah ini.Misalnya dengan cara memberikan comment.

TERIMAKSIH BANYAK SEMUA….
27 Komentar (+add yours?)

  1. Regina Tilaar
    Nov 02, 2008 @ 10:56:20

    wah, syukurlah gak kenapa2 temenmu :)
    hehe…

  2. dChE3YzZ
    Nov 11, 2008 @ 13:47:05

    WaAaA ….
    KpRiBaDiAaN gAnDa cEgG GGA pUnYa W ..

    qLu tMeN w mLaH PnYa pCaR GaNdA ..
    GmN tUu?????

  3. ukie
    Sep 19, 2009 @ 10:02:18

    ehhmmm,…
    gw mau tanya ny..
    temend gw curiga kl gw punya kepribadian ganda..
    gara” gw selalu tertutup ama orang lain..
    n kadang” sifat gw berubah-ubah..
    kadang kekanak-kanakan kadang dewasa bangetz..
    apakan gw termasuk org yang kena kepribadian ganda???

    bales ia..

    Selvi says : Terimakasih banyak Ukie telah berbagi apa yang sedang dirimu rasa. Menurut saya , kamu itu bukan berkepribadian ganda tetapi kamu itu moody itu berarti menunjukkan bahwa kamu belum sepenuhnya dewasa. Kedewasaan bukan dilihat dari umur tetapi dari seberapa jauh kita bisa menghandle diri kita.

    Saya juga sama seperti kamu, terkadang kekanak kanakan terkadang dewasa. Itu menunjukkan bahwa kita belum sepenuhnya dewasa atau belum sepenuhnya bisa menghandle diri kita.

    Untuk sikap kamu yang tertutup, mungkin kamu bukan tipe orang yang mengumbar. Kamu itu mungkin tipe orang yang pemilih (hanya orang-orang tertentu saja, yang kamu percaya, yang boleh ikut campur tentang kehidupan kamu).

    Terimakasih | Semoga Ukie semakin bisa mengenal diri Ukie :) ||

  4. ukie
    Sep 20, 2009 @ 03:18:03

    ogh bgitu….
    y sh gw mm orangnya tertutup banget ama orang lain mpe sakarang..

    oia gw lupa kmaren blom tanya..
    gw tu terkadang pnya rasa kekhawatiran yang tinggi terhadap sesuatu..
    selain itu rasa curiga terhadap orang lain masih kurang bisa di control..

    gmana ya cara menghilangkan semua prasaan gw itu????

    Selvi says : Tenang kie. bukan luw aja yg cuma punya kekhawatiran yg tinggi. guw juga sama kok. terutama kekahawatiran terhadap masa depan. Nah itu tergantung gimana kita mengolahnya. Kekhawatiran harus jadi kekuatan. Kekhawatiran itu bisa bikin kita maju lho. Dengan khawatir terhadap sesuatu,,, kita bakalan mempersiapkan segala sesuatu ny dengan matang. Misalnya, kita ada tugas presentasi, nah kita merasa khawatir akan gagal, maka apa yang harus dilakukan agar kekhawatiran itu jadi kekutan ?? caranya adalah kita mempersiapkan bahan-bahan presentasi secara maximal lalu kita berlatih berbicara untuk presentasi dengan maximal. Tuhan gag akan tega memberikan hasil buruk kepada orang-orang yang berusaha secara maximal.

    Rasa curiga , atopun rasa apapun semuanya bagus kok. Yang gag bagus tuh kalo komposisi ny gag pas. Rasa curiga itu dari kewaspadaan yang berlebih. Intinya gini, kalo kamu ngerasa curiga mulu sama orang, kamu harus mengananilisis kehidupan masa lalu yang kamu curigai itu. Biasanya kalp orang yang masa lalu ny baik, InsyaAllah, kedepannya juga baik. Berarti orang tersebut selalu menjaga nama baiknya disetiap langkahnya.

  5. ukie
    Okt 01, 2009 @ 15:32:30

    kak punya tips ga ngadepin ce kekanak-kanakan n egois…

  6. putri
    Jan 14, 2010 @ 13:23:05

    hmm…pcar sy kdg ska brubah2…kdg sy jg ngersa gk knal dy sma skali…
    akhrnya dy crta..kta ma2 nya dia b’rpribdian gnda..dy jg gk nrti dn gk prcya..
    trs sy cr tau ttg alter ego..cri2nya mrip dgn pcar sy…sy bgg…gmna cra ngadepin nya?pcr yg brpribadian 2…

  7. jendelakatatiti
    Jan 15, 2010 @ 21:20:04

    Kepribadian ganda suatu keadaan kejiwaan yg menarik, aku pernah baca buku Sybil bagus banget, sybil sampai punya 16 kepribadian. Bayangkan sedang pecah jadi 2 saja sdh jadi masalah, si Sybil krn sgt menderita dia menjadi pribadi lain tiap ada masalah atau derita. Hikmah yg bisa kita petik hadapi masalah atau derita dgn tabah, lapang dada, sehingga apa pun yang menimpa kita jiwa kita tetap sehat. Salam kenal Selvi! Selvi mahasiswi Psikologi ya? Tulisan di blogmu bagus, aku suka dan tertari ilmu psikologi. Thanks dari jendelakatatiti.worspress.com

  8. maricurhat
    Jan 15, 2010 @ 21:39:14

    @jendelakatatiti : Wow buku itu judul nya apa ka ? keren banget ya kayak nya . Selvi masih sekolah di SMKN 1 Bogor ka , jurusan pemasaran/marketing kelas 3. Bantu doa ya ka semoga bisa lulus UN dengan hasil yang memuaskan . Amin .
    Makasih banyak ya ka atas pujian nya membuat Selvi tambah semangat untuk menulis . :)

  9. angelique smith furgusson
    Apr 12, 2010 @ 22:03:23

    kak tolong bantu aku ya… apakah aku termasuk punya kepribadian ganda,kadang-kadang didalam pikiran aku suka muncul bayangan/lbih tepatnya q ngehayal berlaku jahat sama org and didalam hayalan itu aku bener2 tega sama yg jadi korban aku. tp sebenernya aku tuh ga tegaan motong ikan z aku ga tega. kadang klo lg kumat sering muncul bayangan gt tp klo lg ga ya ga. apa aku pnya kpribadian ganda? cara ngatasinya gmna? aku takut bgd.

  10. noname
    Apr 20, 2010 @ 15:23:13

    hai smua salam kenal…………………………….

    kak tlong aq doq,,,,,,,,,, aq tkut aq memiliki kepribadian ganda,,,,
    aq merasa aku memiliki kepribadian ganda yang bersifat negatif, dan itu sangt membuat qu terganggu banget dengan sifat nieh,,,,,,
    qu sbenarnya mw curhat,tapi qu takut karna nieh aib qu sndiri yang sangat memalukan dan sangat,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,

    aq g’ tw lah………….

    please bls ya kak qu pngen bgt mengeluarkan sesal yang da di dalam hati ini yang sangat menyiksa qu T_T

  11. Muhamad Nuryasin
    Okt 29, 2010 @ 15:18:59

    Yang berlalu biarlah berlalu, yang penting sekarang dan besok adalah impianmu………. masa depanmu masih menantimu GOOD LUCK
    maaf kalo telah nyinggung perasaan kamu. Thanks…………………..

  12. shan
    Nov 28, 2010 @ 06:18:13

    hai…
    salam kenal…
    kepribadian ganda itu akibat trauma masa kecil…
    aq jg pernah baca tentg Billy yang mempunyai 24 kepribadian, sangat menakjubkan, setiap alter egonya memiliki keahlian masing-masing. . .
    supaya kita terhindar dari kepribadian ganda, jgn lupa minta perlindungan dari tuhan n kalau ada masalah jgn dipendam sendiri, curhat aja sama orang yang bisa dipercaya….

  13. maricurhat
    Nov 28, 2010 @ 21:18:55

    Iyaaa… curhat aja ke maricurhat :)

  14. aizzzzzzz
    Des 18, 2010 @ 09:35:17

    jujur aja aku kaya punya kpribadian yang ganda selama ini,,.. udah coba berkali-kali lakuin tes katanyaa qu termasuk tipe org yang rumit,. seperti autiss aja suka didunianya sendiri,.. cuma satoe org yang bisa mengeluarkan aqu ke dunia nyata,. cuma mamy,.. Fuih kadang suka lucu dan aneh sendiri,..
    ada tipe kepribadian yang beda,. ada 3 kepribadian yang muncoel,. jadi dewasa banget,.. super anak-anak,. dan yang paling parah jadi si tegaan yang cuek n perfeksionis,.. cukup kejam sich,..

    paling beribawa kalau si kazuha muncul sangat cuek,. kejam ,tapi sebenarnya perhatian
    kalo ais muncoel jadi dewasa yang penyayang,. n kalau jadi dede jadi anak-anak bgd,………….
    jujur aja jadi bingung tapi kayanya ini akibat trauma masa kecil,.. yang g biza aqu ceritain

  15. maricurhat
    Des 19, 2010 @ 07:53:42

    @Aziz : waduh, saran guw sih mendingan luw ke psikiater aja. coba kita lihat hasilnya.

  16. snake girl
    Apr 23, 2011 @ 20:20:33

    gw suka brhayal, tp gw ga prnah brhayal menyakiti org lain, anehnya, gw slalu brhayal menyakiti diri gw sndiri. hayalan bagi gw ga cukup memuaskan, shingga gw ngelakuin smua yg gw hayalin di khidupan nyata gw.
    masa kecil, gw inget gw prnah di pukulin bokap gw di kamar mandi, gw jg prnah di sabetin pake gesper, dan di tampar,, itu saat kecil, dan gw ga mrasa dendam utk smua itu.
    skrang gw jd org yg super sabar, lembut, penyayang (terutama ama binatang),, tp ssaat gw jd emosian, kasar, dan pemarah. kdang gw tkut darah, histeris klo liat darah(terutama klo liat binatang brdarah), tp gw sering gigit sariawan gw sampe ngucur darah banyak, dan gw seneng bgt liat darah itu :D .
    kadang hal2 sepele yg gw takut bisa brubah jd hal2 yg gw taklukin, gw bingung.
    apa gw trmsuk kepribadian ganda?

  17. sasha
    Mei 30, 2011 @ 23:04:51

    Kalo masalah trauma masa kecil ada sih.. Masalah keluarga yang sampe sekarang belom selesai. Gatau ya ini kepribadian ganda apa bukan… Di dunia nyata dan maya aku punya 3 nama.. Sasha, dewi, cerish.. Setiap nama itu punya sifat yang beda2. Sasha itu pendiem, ja’im, sopan. Dewi itu childish, periang, suka berhayal, alay. Cerish itu gaul, logis, agak brandal ._. Emang itu ya yang namanya kepribadian ganda? Thanks

  18. Anies Muliani
    Sep 05, 2011 @ 18:59:23

    Saya seorang pelajar yg berusiia skiitar 14 thn..

    di rmahh saya seriing marah hanya krena msalahh sepele,saya seriing mlampiaskan itu semua dgan membanting sesuatu,merusak.a,dan menyakitii diri sya bahkan org laiin hngga sya benar2 merasa puas,saya juga lebih bnxak mnghabiskan wakktu d’kamar,dan cenderung lebih aktif didunia maya dibanding dunia nyata…

    tapii anehh.a ,jika sya berada di lingkuungan skolah/diluar rumah,semua iituw berubah drastis,saya berubah menjadi pribadi yg ceria dan menyenangkan di mata guru dan shabat2 saya..
    Saya benar2 tdk mngertii dngan apa yg trjadi pda diri saya..

    apa mungkiin saya berkpribadian ganda.. (?)

  19. Ryan Heatlessboy Destino
    Nov 13, 2011 @ 15:53:11

    hi,saya gak tau apa saya trmasuk slah stu dri org yg mmlki kpribadian ganda.tapi org dskitar saya sring kali mngtkan klo saya trlihat brbeda dsaat2 trtntu.tpi saya mrsa sprti biasa.

  20. Vanii
    Apr 13, 2012 @ 18:33:40

    aku sering ngaLamin hal dimana kdang aku bisa ngelakuin hal yg gag normal dan gag wajar., semua’y q lakuin saat ga bisa ngelakuin sesuatu yg lain. Dan menurut q itu bukan aq. Contoh’y main d’belakang rmh pcar., Tu q laku’n wktu tu rmh kosong. Prnah jg ngelukain jari tngan sendiri dngn pisau. Semua d’lakuin antara sadar dan gag sadar., dan msih bnyak lagi hal aneh lainnya. Itu masuk kepribadian ganda jg?? kadang ngerasa karakter q berubah” ky bunglon,.

  21. michael
    Jul 13, 2012 @ 02:25:11

    huft…gw gak tau nih … kyknya gw punya kepribadian ganda tuh abisnya klo gw punya masalah gw slalu ngomong ma hati gw… trus hati gw bisa kasi solusi… klo pendeta bilang itu hati nurani… tapi menurut gw kyknya itu bkn hati nurani deh abis hati gw klo ngomong kayak orang laen gitu cma selalu nasehatin gw yang positif terus… kadang” gw ngobrol ma hati gw alias curhat abis gw malu curhat ma orang… singkatnya hati gw jawab kayak orang laen gtu… itu hati nurani ato kepribadian ganda sih??? tolong pencerahannya donk gw takut banget nih… I just wanna be normal guys…

  22. juwita (@juuwita)
    Des 12, 2012 @ 04:12:46

    kepribadian ganda, ga bs kita ketahui karena kadang itu sebuah rahasia bagi pengidap.. pny nama tertentu, umur tertentu, kehidupan tertentu, berbeda dengan kehidupan aslinya.
    terkadang ga akan sadar kenapa kmu berbuat itu/wasting time (klo akal pikiran lg jernih), terkadang lupa klo kmu pernah berbuat sesuatu ketika org lain mengingatkan pdhl jelas2 orang lain ngotot ngasi tau, terkadang kmu lepas kontrol menjadi A dalam situasi “strees”/“tekanan” untuk menyamankan diri (cari aman). jika kamu pikir pikir lebih dalam lagi, tanda tanda lainnya yaitu bs berubah ubah mood/pemikiran, bisa berdiskusi dua arah dengan pikiran diri sendiri setiap hari untuk berusaha tetap tenang (calm down),
    rata rata kata ahli teryata ada masalalu jaman anak anaklah yg membuat “obsesi untuk menjadi sesuatu” yg membantu kamu untuk tetap tenang dan membuat hal tersebut tidak terulang lagi (ky masa lalu). jika bosen atau cape dengan 1 temen dipikiran mgkn kepribadian, kadang bs kembali lg semangat karena “gantian”. yang pasti akan berusaha melakukan hal yg terbaik untuk dirinya/org lain yg dia lindungi agar tidak tersakiti.

    berasa normal dan gamau berobat ke psikiater bahkan curhat ttg jatidirinya ke orang lain adalah sesuatu yang sulit (harus dipaksa bangeeet/konflik batin), karena terkadang berasa wajar wajar saja (perasaan mah), bahkan heran.. kenapa seperti ini disebut DID?? penyakit mental.

  23. andrea
    Jan 19, 2013 @ 10:58:33

    hello saya rasa saya memiliki itu
    kepribadian saya berubah2 wajah saya berubah2 expresi muka saya berubah2 mood saya bergonta ganti semakin banyak masalah semakin membingungkan dan rumit saya sudah 2 tahun mengurung di ri di rumah
    gk ada yang ngerti gk ada yang paham
    saya sudah ke psikiater tapi gk ada yang percaya kalo saya itu kepribadian ganda
    mereka hanya bilang syaa gangguan cemas sejak kecil saya selalu di tekan di rumah mulai dari erkataan dan saya selalu menyimpn kesedihan saya itu saya melihat saya menyimpan segala aktifitas manusia lalu saya belajar menjadi mereka dan saya merasakan ketangan dan hingga akhirnya saya terjebak di dalam kepridbadian itu ini sunggu2 menyiksa hidup saya

  24. T
    Feb 20, 2014 @ 23:45:01

    Entah In Keperbadian Ganda Atau Bkan. Tapi Ketika Ak Melihat Darah. Sesuatu Muncul Dalam Dri Ku. Dan Pingsan Setelah.Y Ketika Terbangun. Ak Brada Di Rumah Sakit Dngan Perban Yg Menutupi Sayatan Pisau Di Lengan Ku.

    Smua Telah Ku coba Untk Mengatasi Ini Tapi Tetap Saja Sama. Sampai Ketika Smua Orang Menghindariku. Mungkin Mreka Mnganggap Ku Berbahaya, Tapi Itu Juga Benar.

    Untuk Orang Yg Sama Seperti Ku. Mungkin Kita Bisa Bertemu..

    Temui Aku.

  25. rena
    Feb 22, 2014 @ 02:00:11

    @ Hai T, aq rena.. hehe… wah lw bener kepriabdian ganda berarti itu tipe penyiksa. ehm.. lw dah ngerasa ga nyaman lebih baik ikut terapi z ke psikeater sebelum bener2 lost control. pasti ada jalan keluar kok. aq pernah hampir kaya gitu tp itu dulu waktu usia 9 thn. aq pny rasa yg sama sesuatu itu muncul jika aq melihat darah bukan rasa ngeri tp rasa seperti mengatakan “indah’y warna merah menyala”. aq kadang takut pada diriku sndri tp, aq ingin hidup normal sama dengan org lain. suatu saat pasti ada org yg bisa mengerti kita walaupun itu kepribadian kita yg lain. lw kita percaya dia bakal jadi pelindung yg diberikan Tuhan tuk kita.
    @ andrea, apa kamu pernah kehilangan ingatan yg ga bisa dibilang lupa biasa. atau pernah kehilangan kendali dari tubuh, (misalkan saat tidur lupa nyalain lampu dan tutup hordeng, karena kelelahan kamu ga bangun tp pas bangun kamu liat hordeng sudah tutup dan kamu sudah nyala. tapi kamu yakin ga ngelakuin hal trsb). semkin banyak masalah maka semakin berpotensi muncul’y kepribadian baru. saat berubah mood, masih menyadari itu diri sendiri atau bukan? seperti yg dikatakan juita diatas. jangan memeberi suges kaya gt.. ntar bisa membuat down psikologi andrea.
    @ michael, hehehe… sama tuh.. siapa nama’y lw boleh tw?? asik kan kaya punya kakak yah? tp yg paling kesel kita ga bisa bo’ong ma alterego kita huft.. dia tau semua masalah kita. saran aq kalo dia baik dan mengarahkan kita ke yg bener kita ikutin saran’y.

  26. Amelia Aura
    Mar 23, 2014 @ 18:08:11

    kata temenku, aku punya kepribadian ganda, cuma satu tapi troublemaker banget. aku ini kan orangnya pendiem, kalem, tabah, sabar, gak suka cari masalah, tapi kepribadian lainku sebaliknya. Dia kasar, kejam suka nyakitin hati orang, cepet marah, dan suka nyari masalah. Tapi anehnya aku kenal kepribadian lainku sendiri, bahkan dia ngomong sama aku tiap harinya. Namanya Alexa. Padahal kan katanya kepribadianku sama yg lain gak saling mengenal. Tapi aku emang slalu gak sadar klo si Alexa ini lagi beraksi, dan pas udah sadar kembali aku yang harus nyelesain apa yg udah dia buat. Hal sulitnya kayak sengaja dikasih ke aku-__- jadi aku suka stres mikirin masalah2 yg dibuat sama Alexa ini. Dia juga emang punya keahlian, yaitu pinter bahasa inggris.
    gimana ya cara menghilangkannya? aku udah bener2 kacau nihhh, butuh bantuan :(

  27. iqbal
    Apr 08, 2014 @ 15:54:55

    ntah iya atau tidak, gua ngerasa punya kepribadian ganda
    sekitar 4 mungkin?pola pikirnya beda2
    yang 1 sabar,baik,dewasa
    yang 2 ceria,aneh,kekanak kanakan
    yang 3 penuh perasaan,perhatian
    yang 4 pemarah,membenci segala hal,kejam
    gua punya trauma masa kecil,gua korban broken home.gua ga bisa ceritain
    tapi kalo gua berkemungkinan kepribadian ganda tolong dijawab beserta fb,gua mau konsultasi nanti

Tinggalkan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 557 pengikut lainnya.

