Kepribadian Ganda

Curhater….

AHHHHH TIDAKKKKKKKKKK!!!!!!!!!

Tempo hari ada salah seorang temen gw yang sms ke gw memberitahukan bahwa dia mencurigai salah satu temannya memiliki kepribadian ganda.Dimana teman dia itu adalah teman gw juga.Betul-betul bikin gw tercengang.Sama sekali tak menyangka! Tapi untuk memastikan kecurigan teman gw itu, gw search di google mengenai kepribadian ganda.

Kepribadian ganda terbentuk dari rasa traumatik masa kecil yang biasanya terjadi antara umur 4-6 tahun. Penderita menghibur diri sendiri dari sesuatu yang menyakiti dengan menciptakan kepribadian lain buat menampung semua perasaannya. Dengan kata lain si anak berusaha melindungi dirinya dari hal yang tidak menyenangkan yang pernah dialami.
Agar lebih jelas contohnya seperti ini : ada kepribadian yang tau soal peristiwa traumatik itu, dan ada kepribadian yang sama sekali tidak tahu. Akhirnya mereka terbiasa saling melindungin diri dari masalah dengan bergonta-ganti kepribadiannya hingga mereka tumbuh dewasa. Tiap ada masalah baru, berarti ada kepribadian baru juga. Jadi jangan kaget ada penderita yang bisa punya sepuluh (ato lebih) kepribadian yang berbeda-beda!

(Tulisan ini diadaptasi dari >>KLIK<<

Ehmmmmmgw masih belum puas sama penjelasannya dan gw search kembali di google dan terimakasih banyak pada Ka Regina karena dia menyarankan agar gw mencari tahu dari >>SINI<<.

Pemecahan kepribadian atau sering juga disebut kepribadian ganda, atau juga lebih terkenal dengan nama alter ego. Merupakan suatu keadaan di mana kepribadian individu terpecah sehingga muncul kepribadian yang lain. Kepribadian itu biasanya merupakan ekspresi dari kepribadian utama yang muncul karena pribadi utama tidak dapat mewujudkan hal yang ingin dilakukannya. Dalam bahasa yang lebih sederhana dapat dikatakan bahwa ada satu orang yang memiliki pribadi lebih dari satu atau memiliki dua pribadi sekaligus. Kadang si penderita tidak tau bahwa ia memiliki kepribadian ganda, dua pribadi yang ada dalam satu tubuh ini juga tidak saling mengenal dan lebih parah lagi kadang-kadang dua pribadi ini saling bertolak belakang sifatnya.

Kronologi kasus pemecahan kepribadian di Eropa

  • (1646) Paracelsus melaporkan kasus tentang wanita yang menuduh seseorang telah mencuri uangnya. Pencurinya kemungkinan memiliki kepribadian ganda, yang melakukan tindakannya tanpa sepengetahuan pribadi utama.
  • (1791) Eberhard Gmelin mendeskripsikan kasus tentang pergantian identitas diri seorang wanita Jerman berusia 21 tahun, yang mengaku seorang bangsawan Perancis dan mampu berbicara bahasa Perancis. Gmelin percaya bahwa kasus seperti itu dapat membantu memahami seluk beluk kepribadian manusia.
  • (1816) Kasus Mary Reynolds, kepribadian ganda, diterbitkan dalam bentuk artikel di majalah Medical Repository.
  • (1838) Charles Despine menemukan sebuah kasus kepribadian ganda dalam diri Estelle, seorang gadis berusia 11 tahun.
  • (1876) Eugène Azam menemukan kasus kepribadian ganda dalam tubuh seorang wanita muda Perancis, yang biasa dipanggil Felida X.
  • (1899) Buku karangan Théodore Flournoy yang berjudul Des Indes à la Planète Mars: Etude sur un cas de somnambulisme avec glossolalie (Dari India ke Planet Mars: Kasus kepribadian ganda dengan bahasa imajiner) diterbitkan.
  • (1906) Buku Morton Prince, The Dissociation of a Personality, mengungkapkan kisahnya merawat pasien berkepribadian ganda bernama Clara Norton Fowler alias Christine Beauchamp.
  • (1915) Walter Franklin Prince menerbitkan studi kasus seorang pasien yang bernama Doris Fischer dengan judul The Doris Case of Multiple Personality. Studi kasus ini kemudian diikuti oleh beberapa percobaan mengenai diri Fischer sendiri dan dirinya yang lain.
  • (1943) Stengel mengatakan bahwa seseorang yang berkepribadian ganda mengalami “kelainan”.
  • (1954) Buku Shirley Jackson, The Bird’s Nest, sebuah cerita fiksi tentang pemecahan kepribadian, diterbitkan.
  • (1954) Buku Thigpen & Cleckley, The Three Faces of Eve, didasarkan pada hasil terapi Chris Costner-Sizemore, diterbitkan. Buku ini berhasil menarik minat orang Amerika mengkaji masalah pemecahan kepribadian.
  • (1957) Film The Three Faces of Eve yang dibintangi oleh Joanne Woodward, diluncurkan.
  • (1973) Buku laris karya Flora R. Schreiber, Sybil, membukukan kisah pengobatan dan terapi yang dilakukan oleh Shirley Ardell Mason. Namanya disamarkan menjadi Sybil Dorsett dalam buku ini.
  • (1976) Versi layar kaca Sybil diproduksi, dibintangi oleh Sally Field.
  • (1977) Chris Costner-Sizemore menerbitkan otobiografinya yang berjudul I’m Eve.
  • (1980) Tahun terbit buku Michelle Remembers.
  • (1981) Buku Daniel Keyes, The Minds of Billy Milligan, diterbitkan. Buku ini didasarkan dari hasil wawancara antara Billy Milligan dan terapisnya.
  • (1986) Tahun terbit buku When Rabbit Howls.
  • (1995) Astraea, situs yang pertama kali membahas masalah pemecahan kepribadian di dunia maya, diluncurkan bulan September.
  • (1999) Buku Cameron West, First Person Plural: My Life as a Multiple, diterbitkan.
  • (2005) Otobiografi Robert Oxnam, A Fractured Mind, diterbitkan.

Karena belum puas juga akhirnya gw search di >>YAHOO ANSWER<<

Kepribadian Ganda?

1. Apa sich Kepribadian ganda?
2. Gimana cara biar tau kalo kita punya kepribadian ganda atau tidak?
3. Kenapa bisa terjadi kepribadian ganda?
4. Apakah orang yang memiliki kepribadian ganda bisa di golongkan orang gila

Jawaban Terbaik – Dipilih oleh Penanya

Kaperibadian ganda adalah kepribadian seseorang yang tidak menetap pada satu sisi pribadi saja. Orang seperti ini kadang menjadi bunglon sesuai situasi atau orang yang moody alias moot-mootan.
Orang yang seperti ini bukan berarti orang yang gila. Orang gila sudah tidak waras, tetapi orang yang berkrpibadian ganda masih waras.
Setelah gw mencari tahu dari berbagai sumber dan gw melakukan penganalisisan berdasarkan data dan fakta,menurut gw prasangka teman gw itu salah karena temannya yang teman gw juga itu masih bersikap wajar dan tidak memiliki ciri-ciri kepribadian ganda.Sebab gw juga sangat mengenal baik teman gw itu.Dan untuk teman gw yang melaporkan prasangkanya,TERIMAKSIH! Karena itu menunjukan bahwa dirimu sangat peduli pada situasi ataupun keadaan lingkunganmu.

Untuk para Curhater & Reader dimohon untuk dapat berpartisipasi mengenai masalah ini.Misalnya dengan cara memberikan comment.

TERIMAKSIH BANYAK SEMUA….