TERKEJUT! Saat pertama kali melihat buah berwarna hitam yang memiliki tekstur lembut seperti bedak dan sebesar anggur. Buah ini memiliki kulit yang tipis dan juga mudah rapuh. Buah apa ini ya? Bagaimana rasanya? Ada yang sudah pernah coba?

Ini yang Namanya Buah Kranji
Ini yang Namanya Buah Kranji

Seru sekali ketika diberi tahu cara membuka kulit buah ini. Ambil dua buah, lalu keduanya diadukan. Nah, buah yang kulitnya mudah hancurlah yang dibuka duluan. Ketika si kulit hitam itu sudah dilepaskan, maka tampaklah isi dari buah ini berwarna cokelat kemerahan. Teksturnya lembut seperti bedak, bahkan sebagian orang menyebutnya “bubuk”. Semakin penasaran dengan rasanya. Mencicipi perlahan, tapi teman bilang ini dimakan sekaligus seperti permen. Wah! Ternyata asam. Rasanya tak jauh beda dengan permen Tamar*n. Terdapat biji berbentuk bulat seperti asam jawa.

Penasaran sekali dengan buah ini, ternyata ini toh yang namanya buah Kranji. Mengingatkan sebuah nama stasiun yang ada di Bekasi. Setelah browsing, ternyata manfaat buah ini seru juga ya. Jika dikonsumsi tiga kali sehari bermanfaat untuk membunuh kolestrol jahat. Namun sayang, buah ini agak sulit ditemukan. Bahkan termasuk dalam kategori langka. Di usia ke-24, saya baru mengenal buah yang satu ini haha. Terima kasih Mba Novi dan Mba Eka, teman kantor yang memperkenalkan buah yang sering disebut Asam Kranji.

Tips motret (berhubung Mba Eka agak takjub pas nonton saya foto ini menggunakan kamera smartphone seadanya) : sebagai background gunakan tisu. Fokuskan pada objek yang diinginkan. Lalu, cekrek! Aslinya ini foto diatas meja kerja yang super duper berantakan. Berkat si tisu, seolah-olah kayak di studio.